D

27 Maret 2008

Dawn raid (serangan fajar) - suatu keadaan dimana calon pengambilalih perusahaan membeli sejumlah besar saham perusahaan yang akan di beli dengan harga pasar, pembelian sering dilakukan melalui pedagang perantara (pialang) untuk menyembunyikan identitas pembeli. Pemilik saham tersebut dapat digunakan sebagai dasar pengambil alih semua saham yang ditawarkan pada pasar.
---
Divestment (pelepasan atau penutupan) - penutupan atau penjualan satu atau lebih unit operasi suatu perusahaan atau bahkan seluruh bagian usahanya. Penjualan sebagian unit usaha biasanya terjadi untuk rasionalisasi produksi dan atau mengkonsentrasikan output perusahaan pada pabrik yang lebih modern. Pelepasan atau penjualan oleh suatu perusahaan pada gilirannya sering memberikan kesempatan bagi perusahaan lain untuk berdiversifikasi dalam usaha baru, atau bagi sainan sebelumnya dapat meningkatkan pangsa pasar.
---
Double taxation (pemajakan ganda) - pemajakan pendapatan dan keuntungan, pertama di negara tempat pendapatan itu dihasilkan, dan diulang lagi ketik pendapatan dan keuntungan tersebut dikirimkan ke negara asal penerima pendapatan tersebut. Pemajakan ganda seperti ini dapat menjadi penghalang bagi pemindahan tenaga kerja dan modal internasional. Karena alasan ini banyak negara telah mengadakan negosiasi perjanjian mengenai pemajakan ganda yang membatasi tanggung jawab perpajakan hanya pad negara pendaptan dihasilkan.
---
Dumping ekspor - suatu barang dengan arga di bawah yang dikenakan di pasar dalam negeri. Dumping dapat terjadi sebagai tanggapan jangka pendek terhadap resesi dalam negeri (out put yang surplus dijual ke luar negeri dengan potongan harga untuk menghabiskan surplus tersebut), atau sebagai strategi jangka panjang untuk melakukan penetrasi ke pasar ekspor (bila tempat berpijak sudah didapat, kemudian harga akan dinaikkan untuk mendapatkan keuntungan). Dengan alasan apapun dumping dipandang sebagai perdagangan yang tidak wajar dan dilarang oleh perjanjian perdagangan internasional.



  © Blogger template Nightingale by Pembuat template 2008

kembali keATAS