Kurva Kemungkinan Produksi

13 Agustus 2008

Masalah ekonomi yang menggentayangi pada setiap individu membuat individu harus bijak dalam bersikap. Keterbatasan sumber daya membuat individu maupun kelompok membuat pilihan atas apa yang akan dipenuhi. Ekses dari pilihan-pilihan tersebut yaitu harus ada yang dikorbankan atu lebih dikenal opportunity cost.

Terkait dengan opportunity cost, dalam ekonomi dikenal Kurva Kemungkinan Produksi (production Possibilities Frontier). Makanan Apa pula itu? Kurva Kemungkinan Produksi menunjukkan kemungkinan produksi dari dua jenis brang atau lebih bila sumber daya digunakan secara maksimal (efektif dan efisien).
Berikut merupakan contoh dari production possibilities Frontier




Sumber:netmba.com

Mungkinkan diproduksi 6 bushels of grain dan 6 bottles of wine? Jawabanya mungkin untuk diproduksi tetapi tidak efisien karena seluruh sumber daya tidak digunakan secara maksimal dan efisien. Bagaimana bila diproduksi 15 bushels of grain dan 12 bottles of wine? Nah ini baru tidak mungkin karena sumber daya yang dimiliki tidak mencukupi untuk melakukan produksi sebanyak itu.

Nah dari kurva di atas kita bisa menyimpulkan bahwa untuk memproduksi lebih banyak banyak barang maka harus mengurangi atau mengorbankan barang yang lain.

Versi download:Kurva Kemungkinan Produksi

  © Blogger template Nightingale by Pembuat template 2008

kembali keATAS