Mangga dan Terbentuknya Equilibrium Price

01 November 2008

Pernahkah anda membeli mangga? Ada yang suka mangga muda yang rasanya masam, ada yang manis dan ada pula yang asam manis. Mana yang anda suka? tergantung dari selera masing-masing.

Ketika kita membeli mangga di supermarket kita akan disodori harga yang kelihatannya tidak berubah nah bagaimana harga itu bisa terjadi? Untuk menjawab pertanyaan itu mari kita lihat kasusnya bukan pada supermarket tetapi penjual mangga yang ada di pasar tradisional.

Di sana mangga dijual dengan harga kisaran Rp 4.000,00 per kg tergantung dari stock mangga tentunya. Nah ketika kita beli mangga kadang kita berusaha untuk membuat harga itu lebih rendah dari yang ditawarkan oleh penjual. Dari situ terjadi interaksi penjual menawarkan dan pembeli menawar harga supaya lebih rendah.

Apa yang terjadi bila pembeli dan penjual pada tingkat harga masing-masing, dapatkah terjadi transaksi? Tentunya tidak. Nah ketika masing-masing memberikan harga dan jumlah yang tepat akan terjadi harga kesepakatan dan terjadilah transaksi. Dengan demikian akan terjadi perpindahan barang dan uang, saat itulah harga keseimbangan terbentuk. Bagaimana mudah kan ternyata belajar ekonomi itu mudah kan.

Bagaimana tertarik untuk membeli mangga?

Kurva equilibrium price


  © Blogger template Nightingale by Pembuat template 2008

kembali keATAS