Persiapan Ujian

02 Desember 2008

sumber gambar:www.e-dukasi.net

Bagi siswa SMA hal yang paling dinantikan adalah ujian. Setiap kegiatan diakhiri dengan evaluasi. Evaluasi memang bagi sebagian siswa menjadi hal yang menakutkan.

lihat saja bagaimana beberapa siswa rela untuk meronda semalam suntuk untuk belajar mata pelajaran yang diujikan pada esok hari. Padahal belum tentu hasilnya baik juga,malah bisa jadi capek yang akan diperoleh.

Apakah perlu belajar wayangan (istilah untuk belajar semalam suntuk)?Belajar itu butuh suatu proses. Materi yang diterima di sekolah butuh pengendapan untuk kemudian dilihat kembali. Nah bagaimana belajar yang sehat?

Setiap orang memiliki gaya sendiri dalam belajar.
1. Belajar merupakan proses jadi sisihkan waktu di rumah untuk mengingat kembali materi yang diterima dan mempelajari beberapa pokok bahasan yang dirasa sulit. Latihan seperti ini butuh ketekunan dan disiplin diri pada diri sendiri.

2. Gunakan media yang dapat mendukung anda, misalnya anda bisa belajar dengan mendengarkan alunan musik yang membuat rileks maka lakukan, tetapi jangan keterusan kemudian terus mendengarkan musik.

3. Singkirkan sejenak, beberapa barang yang dapat mengganggu anda dalam berkonsentrasi, misalnya siaran televisi, film, internet, radio dan HP bila perlu.

langkah-langkah di atas merupakan salah satu usaha untuk belajar dengan baik. Sekali lagi setiap orang memiliki gaya belajar sendiri dan belajar membutuhkan suatu proses.

Selamat belajar


  © Blogger template Nightingale by Pembuat template 2008

kembali keATAS