Apakah Standar Emas Menyebabkan Depresi Besar 1929-1933?

28 Mei 2009

Standar emas tidak sama dengan stabilitas, tetapi ia sendiri adalah ancaman utama bagi stabilitas finansial dan kemakmuran ekonomi di masa antara dua perang (PD I dan PD 2--red)--Barry Eichengren.

Milton Friedman menentang dengan keyakinan yang dianut umum bahwa standar emas internasional bertanggungjawab atas terjadinya depresi. Kritikus standar emas menunjukkan bahwa dalam periode krusial, 1931-32, Federal Reserve menaikkan tingkat discount karena takut mengancam deposit emasnya. Hanya jika Amerika Serikat tidak terbelenggu oleh standar emas, kata mereka, Federal Reserve dapat menghindari tekanan kredit yang mendorong negara menuju depresi dan krisis perbankan.

Akan tetapi, Friedman dan Schawrtz menunjukkan bahwa stok emas AS naik pada dua tahun pertama masa kontraksi. Tetapi Fed bereaksi dengan tidak tepat. "kita tidak mengizinkan aliran emas melebihi stok AS. Kita tidak hanya memandulkannya, kita bahkan melangkah lebih jauh. Stok uang kita turun banyak sedangkan stok emas naik" (Friedman dan Schawartz).

Ringkasnya, di bawah standar pertukaran emas yang tak sempurna, mungkin ada ruang untuk menghindari depresi besar dan krisis moneter.

Sumber:Teori-teori ekonomi modern.



  © Blogger template Nightingale by Pembuat template 2008

kembali keATAS