Awal Penggunaan "Ekonomi" Sebagai Ilmu

12 Mei 2009

Ilmu ekonomi pada awalnya dinamakan ilmu "Ekonomi Politik", bukan sebagai dogma ideologis tetapi untuk membedakannya dari ekonomi rumah tangga". Ini berarti ekonomi masyarakat atau ekonomi negara.

Sepanjang abad 19 ada gerakan kuat untuk membuang nama "ekonomi politik", dan menggantinya dengan nama yang lebih tepat. Beberapa pengarang memberikan usulan, seperti "plutologi", "ergonomi","chrematistik","catallistiac","dan ophelimity". Marshall dan profesor lainnya memilih ekonomi saja.Mengapa?

W. Stanley Jevons meringkaskan alasannya:"saya selalu berpikir alangkah baiknya secepat mungkin membuang nama dua kata yang menyulitkan itu dari ilmu kita...Tetapi buat apa kita susah-susah mencari kata selain Economics? Istilah ini, selain lebih akrab dan terkait erat dengan istilah lamanya, juga analog dengan Mathematics, Ethics, Aesthetics dan beberapa nama cabang ilmu lainnya, dan lagi pula istilah itu sudah dipakai sejak masa Aristoteles...Jadi diharapkan nama Economics (ilmu ekonomi) akan diakui sebagai nama sebuah ilmu pengetahuan, yang hampir seabad lalu oleh orang Prancis di sebut sebagai la science economique"

Jadi apa judul yang diberiakan Jevons untuk bukunya? The Theory of Political Economy! Sebenarnya, edisi pertama itu terbit pada 1871, ketika "poltical economy" masih disukai. Dia menulis komentar di atas dalam edisi kedua, yang terbit pada 1879, dan dia menambahkan, "Meskipun menggunakan nama baru (Economics) dalam teks, jelas mengganti judul buku adalah hal yang tidak diharapkan".

Sumber:Sang Maestro Teori-Teori Ekonomi Modern (Mark Skousen:Prenada-hal:240)

  © Blogger template Nightingale by Pembuat template 2008

kembali keATAS