Menghitung Elastisitas Harga

28 November 2008

Masih ingat tentang elastisitas harga? Elastuisitas merupakan peka tidaknya permintaan atau penawaran terhadap perubahan harga. Elastisitas ini dapat ditentukan dengan menggunakan koefisien elastisitas. Nah bagaimana caranya?

Elastisita harga terdiri dari permintaan dan penawaran. Koefisien elastisitas permintaan dapat dicari dengan membandingkan antara persenatase perubahan permintaan dibandingkan dengan persentase perubahan harga:


sedangkan koefisien elastisitas penawaran dapat dicari dengan membandingkan antara persentase perubahan penawaran dibandingkan dengan persentase perubahan harga
Nah supaya lebih mudah dipahami saya berikan contoh sebagai berikut nah mari kita cari koefisien elastisitas permintaanya:
1. tentukan prosentase perubahan permintaan

2.tentukan prosentase perubahan harga

3.tentukan koefisien elastisitasnya

4.tentukan jenis koefisien elastisitasnya
berdasarkan perhitungkan koefisien elastisitasnya didapat angka 0,75 atau Ed<1,

Bagaimana mudah bukan?Tanda negatif diberi tanda mutlak saja.karena di sini tanda negatif menunjukkan hubungan yang berlawanan antara tingkat harga dan jumlah barang yang ditawarkan.Bila harga naik permintaan turun dan bila harga turun permintaan naik,jadi tanda negatif di mutlakkan saja menjadi positif.


Ungguh artikel ini:Menhitung Elastisitas Harga

  © Blogger template Nightingale by Pembuat template 2008

kembali keATAS