Selamat Ulang Tahun Pak Oemar

26 November 2008



Siapa tidak mengenal Oemar Bakrie? Lirik yang diciptakan oleh Iwan Fals seolah memberikan gambaran sosok seorang guru.Ya sosok itu adalah Oemar Bakrie yang digambarkan sebagai seorang guru yang penuh dengan pergulatan hidup.

Tgl 25 November 2008 lalu, diperingati sebagai hari guru. Guru diberikan hari istimewa sebagai bagian dari penghargaan profesi guru. Negara Jepang pada awal restorasi Meiji pernah terpuruk. Beliau berkata "hitung berapa jumlah guru dan perawat yang masih tersisa, karena dengan itu kita akan kembali membangun negeri ini". Dari kalimat tersebut nampak bahwa peran guru sebagai sumber pembangunan terutama melalui pembangunan intelektual masih sangat penting.

Memajukan negara yang paling strategis adalah melalui pendidikan. Dengan menggunakan sistem pendidikan yang relevan dan sesuai dengan konteks masyarakat setempat dapat menjadi sebuah pegas yang baik untuk melontarkan masyarakat kedalam suatu sistem pembangunan yang modern.

Anggaran pendidikan sudah mendapat prioritas oleh pemerintah sebesar 25%, dengan anggaran sebesar itu diharapkan pendidikan di Indonesia juga semakin maju. Dengan catatan bahwa penggunaan dana itu benar-benar terlepas dari kepentingan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Guru sebagai agen pembangunan intelektual diharapkan juga semakin dapat menghayait perannya. Kemauan untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik harus ditanamkan dalam benak guru dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Akhir kata sosok Oemar Bakrie yang penuh dengan pergulatan hidup dapat dikurangi dan guru dapat hidup layaknya profesi yang lain. Sehingga siapa tau Oemar Bakrie tidak akan lagi berkata "naik sepeda kumbang di jalan berlubang" tetapi "naik sepeda listrik di jalan yang hot mix" kualitas terbaik tentunya.

Selamat ulang tahun Guru! Hidup mu adalah perjuangan yang menjadi tonggak pembangunan intelektual.


  © Blogger template Nightingale by Pembuat template 2008

kembali keATAS