Fungsi Konsumsi dan Tabungan (2)

29 Maret 2010

Studi tentang fungsi konsumsi juga diperkenalkan oleh John Maynard Keynes dalam bukunya General Theory. Keynes membuat fungsi konsumsi sebagai pusat teori fluktuasi ekonominya dan teori itu telah memainkan peran penting dalam analisis makroekonomi.


Selain menggunakan data statistik Keynes membuat dugaan-dugaan tentang fungsi konsumsi berdasarkan instropeksi dan observasi kasual. Dugaan yang terpenting yaitu bahwa kecenderungan mengkonsumsi marginal (Marginal Propensity to Consume) adalah antara 1 dan 0 (nol). Ia mengartikan"....hukum psikologis fundamental, yang harus kita yakini tanpa ragu, ...adalah bahwa manusia secara alamiah akan meningkatkan konsumsi ketika pendapatan mereka naik, tetapi kenaikkannya tidak sebanyak kenaikkan pendapatan mereka.

MPC terletak diantara 0 dan 1 dapat diartikan juga bahwa secara logis masyarakat tidak akan melakukan kegiatan konsumsi melebihi pendapatan yang mereka miliki. Tetapi hal ini pun kadang juga terbantahkan dengan semakin banyaknya usaha untuk memperoleh kebutuhan dengan cara kredit.
sumber: Makroekonomi (Gregory Makinw pg.447)




  © Blogger template Nightingale by Pembuat template 2008

kembali keATAS