Pasar Perdana

19 April 2010

Pernahkan anda membaca nama perusahaan PT.Aqua Golden Misissi,tbk atau yang lain?atau mengkonsumsi produknya mungkin?Kalau diperhatikan di belakang nama perusahaan terdapat singkatan tbk. Apa itu kepanjangan tbk?Banyak yang mengartikan tbk sebagai kependekan dari terbuka. Nah kita akan bahas apa yang dimaksud dengan terbuka tersebut.

sumber gambar:www.inilah.com

Pada awal perusahaan berdiri, kebutuhan modal dipenuhi oleh pemiliknya sendiri. Tentu mereka memenuhi kebutuhan tersebut dengan swadaya. Ketika perusahaan mulai berkembang akan terdapat keinginan untuk mengembangkan perusahaan supaya lebih besar lagi bukan? Tentunya untuk itu dibutuhkan pendanaan yang tidak sedikit sehingga sehingga salah satu pilihan yang dilakukan adalah dengan cara mencari investor untuk membantu pendanaan dalam rangka pengembangan usaha tersebut.

Perusahaan ketika memutuskan untuk mencari investasi dengan mengeluarkan saham tentunya dibutuhkan kesepakatan antar anggota. Nah setelah sepakat kemudian baru Perusahaan menunjuk agen penjual (bisa lembaga investasi) dan penjamin emisi. Baru setelah itu mendaftarkan diri ke BaPePam (Badan Pengawas Pasar Modal) supaya dicatatkan di Bursa Efek (pasar saham) dan di Indonesia disebut dengan Bursa Efek Indonesia.

Setelah administrasi selesai baru perusahaan mengumumkan perdagangan sahamnya melalui media massa (koran, televisi, tabloid). Selanjutnya menjual saham melalui agen penjual di Pasar Perdana (Primary Market/Initially Public Offering).

Kemudian bagaimana selanjutnya:
1. Agen penjual menjual kepada investor
2. Investor melakukan pemesanan dengan meyerahkan sejumlah uang melalui agen penjual
3. Investor melakukan penjatahan
4. Nah bila terjadi Undersubscribed atau keadaan dimana saham yang ditawarkan lebih banyak daripada yang diminta maka semua investor dapat dipastikan mendaptkan saham sesuai dengan jatahnya.
Bila terjadai Oversubscribed atau keadaan dimana permintaan saham oleh investor lebih banyak dibandingkan dengan jumlah saham yang ditawarkan emiten maka agen penjual akan melakukan penjatahan ulang dan sisa uang dikembalikan kepada investor (refund)
5. Investor mendapatkan saham dan emiten (perusahaan yang mengeluarkan saham) mendapatkan dana untuk mengembangkan usaha.

unduh artikel ini: Pasar Perdana
Sumber informasi: Bapepam

  © Blogger template Nightingale by Pembuat template 2008

kembali keATAS